Monitoring Rehabilitasi Embung di Kabupaten Melawi

DCIM100MEDIADJI_0248.JPG

Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Pontianak melakukan monitoring pekerjaan rehabilitasi embung di Kabupaten Melawi, tepatnya di Embung Babolit, Desa Landau Tubun dan Embung Bayur Raya, Desa Bayur Raya, Kecamatan Pinoh Selatan, Selasa (5/1/2021)

Program pemerintah dalam pembuatan embung ini yaitu sebagai sarana penampungan air untuk mengantisipasi kebakaran hutan di Wilayah Kalbar dan keberadaan embung ini memang sangat dibutuhkan masyarakat setempat sebagai sarana air baku untuk kebutuhan sehari-hari serta menjadi alternatif untuk penyeimbang jumlah air yang digunakan pada musim kemarau dan musim hujan.

Dimana pada musim hujan jumlah air berlebihan dan sebaliknya pada musim kemarau terjadi kekurangan air. Maka dari itu, agar kualitas air embung Melawi tetap bagus dan terjaga dengan baik maka selalu dilakukan perawatan, dan jika terjadi kebocoran pada badan embung harus segera diatasi.

Hal inilah yang dilakukan oleh PPK Sungai dan Pantai Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Pontianak dan telah dilaksanakan oleh pelaksana CV. Rizky Era Mandiri pada pekerjaan rehabilitasi embung Kabupaten Melawi ini.

“Alhamdulillah pada tahun ini sudah dilaksanakan pekerjaan rehabilitasi Embung Kabupaten Melawi yang sudah memasuki tahap ke-2. Dalam hal ini sudah dilakukan perbaikan dan sudah selesai 100 persen pada akhir tahun lalu,” ujar Direksi pekerjaan, Arief Noor Sutanto, A.md

Lanjutnya ia mengatakan, rehab embung yang telah dilaksanakan berupa pemasangan jembatan pipa dengan bentang jembatan pipa 22 meter dan jembatan pipa 24 meter serta pembuatan rabat lanjutan sepanjang 150 m beton di Embung Babolit.

Salah satu warga sekaligus sebagai sekretaris desa Bayur Raya, Rita mengaku sangat senang dengan dilaksanakannya rehabilitasi embung Kabupaten Malawi yang mengalami kebocoran ini. Menurutnya keberadaan embung ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Kantor Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Pontianak karena telah merehab embung Bayur Raya ditahun 2020 ini. Karena embung Bayur Raya ini sangat berguna untuk kami, khususnya untuk penampungan air baku yang kami gunakan untuk mandi,” ucap Rita.

Embung Bayur Raya Kabupaten Melawi

BWSK0018 (Large)

Tim SMM PJSA & PJPA sedang memonitoring Pekerjaan Rehabilitasi Embung Bayur Raya Kab. Melawi

BWSK0030 (Large)

Embung Bayur Raya Kab. Melawi

BWSK0049 (Large)

Tim SMM PJSA & PJPA sedang memonitoring Pekerjaan Rehabilitasi Embung Babolit Kab. Melawi

DCIM100MEDIADJI_0055.JPG

Embung Babolit Kab. Melawi

jembatan pipa dengan bentang

print

Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X