SIPERISDA, Permudah Pelaporan Perizinan Sumber Daya Air di Era Pandemi

FGD psda2

Balai Wilayah Sungai Kalimantan I mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Rekomendasi Teknis (Rekomtek) tahun anggaran 2020 di Hotel Orchardz Perdana, Kamis (01/10).

Dalam kegiatan ini terdiri dari 2 rangkaian acara, yang pertama terkait Pajak Air Permukaan (PAP) dan yang kedua mengenai Pelaporan Izin Sumber Daya Air sekaligus memperkenalkan penggunaan aplikasi terbaru dalam pelaporan pajak air permukaan bagi perusahaan.

Menurut Bambang Pramujo.,ST.MT selaku PPK PSDA, kegiatan ini diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang telah mengantongi izin, hal ini dikarenakan pembayaran pajak menjadi perhatian utama, karena sebagai upaya untuk pembangunan infrastruktur daerah.
“Kami mengundang Dispenda sebagai pemateri untuk menyampaikan terkait pajak air permukaan, dan memang pajak air permukaan ini diharapkan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, karena sebagai sumber pendapatan daerah untuk membangun Kalimantan Barat,” ungkapnya

lanjutnya, selain mengimplementasikan pembayaran pajak tepat waktu, Bambang juga mengatakan bahwa BWS Kalimantan I telah mengembangkan aplikasi terbaru dalam pelaporan pajak air permukaan
“pelaporan ini menggunakan flowmeter, pelaporan kualitas air dari limbah yang dibuang, atau dari hasil pengolahan limbah, dengan adanya aplikasi terbaru SIPERISDA yaitu Sistem Pelaporan Perizinan Sumber Daya Air, harapannya untuk memudahkan perusahaan atau pengguna dalam pelaporan, kami juga mudah dalam pengumpulan data,”imbuhnya.

FGD psda10

FGD psda4 FGD psda3

Herkulanus Rudi perwakilan PT. Parna Agromas mengatakan, “kami sangat mengapresiasi tinggi kegiatan sosialisasi ini, apalagi adanya aplikasi online sehingga keterbukaan dalam pelaporan pajak tampak jelas dan transparan, apalagi di saat pandemi seperti ini tentu kabar baik bagi kami para pengusaha yang ingin melaporkan pajak tanpa harus merasa kesulitan dalam pelaporan,” tuturnya.

Alvian Kabid Pajak Bapenda Kalimantan Barat turut serta hadir dalam sosialisasi ini sebagai pemateri, “saya berharap 24 perwakilan tiap-tiap perusahaan yang hadir di FGD ini turut serta tergerak melaksanakan tanggung jawabnya membayar pajak untuk pembangunan daerah Kalimantan Barat,” tutupnya.

print
Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X