BWS Kalimantan I Pontianak Bina Agen Perubahan Pada Training of Trainer Petugas PTGA

PelatihanTOT4

Balai Wilayah Sungai KalimantanI Pontianak, melalui Satker OP 1 membuka pelatihan TOT (Training Of Trainer) untuk para peserta P3A tahun anggaran 2020, Senin (14/09).

Kepala BWS Kalimantan I, Dwi Agus Kuncoro., ST, M.M,M.T membuka langsung acara pembukaan yang dipusatkan di Gajah Mada Avara Boutique Hotel. Menurut Kepala BWSK I, pelatihan TOT ini bagian dari komitmen balai mempersiapkan peserta P3A agar menjadi agen perubahan dalam mengelola irigasi.
“sebaik apapun jaringan irigasi kalau pengelolaannya kurang optimal, maka hasil yang didapat juga tidak akan optimal, salah satu pengelolaan itu adalah kelembagan,” ucapnya.

Agar berjalan sebagaimana mestinya lanjut Dwi Agus Kuncoro, kelembagaan harus jelas. Ada tata caranya, sesuai SOP, antar P3A saling berkoordinasi, “tidak selalu infrastruktur yang bagus akan menghasilkan outcome yang luar biasa bagus, karena faktor kelembagaan yang berbadan hukum inilah yang menentukan suatu infrastruktur akan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara PPK OP 1 Ali Assegaf., ST, M.Sc menyampaikan pelatihan ini merupakan kegiatan pertama kali BWS Kalimantan I. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kelembagaan P3A di wilayah Kalimantan Barat khususnya di 3 (tiga) aspek: kelembagaan, teknis, dan keuangan.
“selanjutnya pemilihan peserta P3A mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, tingkat zonasi penyebaran covid-19 dengan wilayah zonasi penyebarannya reaktif atau tidak. Kedua, berdasarkan status badan hukum P3A yang sudah berbadan hukm masih sangat minim, kurang lebih hanya ada 3 dan lainya belum berbadan hukum,” ucapnya.

Peserta dalam kegiatan ini diikuti 17 P3A di wilayah Kalbar, 3 (tiga) P3A kewenangan pusat dan sisanya merupakan kewenangan Kabupaten.
“Kegiatan akan dilaksanakan 2 (dua) kali, awal September ini diikuti 17 P3A, yang kedua di akhir September nanti P3A dibawah kewenangan pusat di Kab. Sambas, Ketapang, dan Kab. Lainnya. Beberapa kegiatan yang akan disampaikan dalam kegiatan ini yaitu OP Irigasi, Manajemen Kelembagaan P3A dalam PPSI dan AKNOP Irigasi,” tandas Ali Assegaf.

print
Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X